Leher knalpot adalah sebuah penghubung antara knalpot (mufler) dengan blog mesin. Jika mesin menyala akan selalu mendapatkan suhu yang tinggi. Sebagian dari leher knalpot akan tidak terlihat terutama yang terdekat dengan blog mesin. Karena jauh dari jangkauan maka bisa saja leher knalpot ini menjadi berkarat. Pada artikel kali ini sedikit berbagi pengalaman agar leher knalpot sepeda motor tidak mudah berkarat.
Kebanyakan leher knalpot biasanya terbuat dari bahan besi. Jika terkena air dan udara akan mudah berkarat. Apalagi letaknya yang sedikit tersembunyi. Endapan air dengan kotoran akan menjadi lebih lembab sehingga proses korosi pada kendaraan akan lebih cepat. Maka hal yang mudah adalah dengan rutin membersihkan bagian leher knalpot agar kotoran yang menyerap air tidak mudah membuat korosi. Terutama setelah hujan, sebaiknya jangan lama-lama membiarkan kotoran menempel pada leher knalpot.
Kemudian cara lain adalah dengan mengoleskan oli atau stemped. Ini memang cara tradisional, tetapi cara ini sepertinya ampuh menahan kenaikan dan penyerapan air pada besi leher knalpot sehingga bisa menghambat proses korosi pada besi. Hanya saja cara ini terkadang membuat tidak nyaman, karena suhu leher knalpot ketika panas akan membakar oli atau stemped dan bisa mengeluarkan asap yang berbau sangat tidak sedap. Apalagi dengan oli bekas.
Cara yang lebih ampuh adalah dengan memberikan lapisan pada leher knalpot. Dengan lapisan ini diharapkan bisa menghambat korosi dengan tidak membiarkan air meresap pada lapisan luar besi yang bereaksi dengan udara membuat besi menjadi berkarat.
Lapisan yang dimaksud adalah lapisan cat yang memang digunakan untuk leher knalpot. Kami rasa cara ini lebih ampuh dan lebih efisien. Karena leher knalpot memiliki suhu yang tinggi ketika panas, maka cat yang digunakan adalah cat yang tahan panas juga. Cat ini biasa disebut dengan nama cat HighTemp. Harganya lumayan lebih mahal. Namun anda bisa menggunakan yang instan dan tinggal pakai. Sudah banyak dijual dipasaran. Dengan cat ini leher knalpot lebih terjaga dan juga tampilannya jadi lebih rapi dan bersih. Cara ini akan lebih efektif dengan tetap menjaga kebersihan kendaraan anda.
ad
Kebanyakan leher knalpot biasanya terbuat dari bahan besi. Jika terkena air dan udara akan mudah berkarat. Apalagi letaknya yang sedikit tersembunyi. Endapan air dengan kotoran akan menjadi lebih lembab sehingga proses korosi pada kendaraan akan lebih cepat. Maka hal yang mudah adalah dengan rutin membersihkan bagian leher knalpot agar kotoran yang menyerap air tidak mudah membuat korosi. Terutama setelah hujan, sebaiknya jangan lama-lama membiarkan kotoran menempel pada leher knalpot.
Kemudian cara lain adalah dengan mengoleskan oli atau stemped. Ini memang cara tradisional, tetapi cara ini sepertinya ampuh menahan kenaikan dan penyerapan air pada besi leher knalpot sehingga bisa menghambat proses korosi pada besi. Hanya saja cara ini terkadang membuat tidak nyaman, karena suhu leher knalpot ketika panas akan membakar oli atau stemped dan bisa mengeluarkan asap yang berbau sangat tidak sedap. Apalagi dengan oli bekas.
Cara yang lebih ampuh adalah dengan memberikan lapisan pada leher knalpot. Dengan lapisan ini diharapkan bisa menghambat korosi dengan tidak membiarkan air meresap pada lapisan luar besi yang bereaksi dengan udara membuat besi menjadi berkarat.
Lapisan yang dimaksud adalah lapisan cat yang memang digunakan untuk leher knalpot. Kami rasa cara ini lebih ampuh dan lebih efisien. Karena leher knalpot memiliki suhu yang tinggi ketika panas, maka cat yang digunakan adalah cat yang tahan panas juga. Cat ini biasa disebut dengan nama cat HighTemp. Harganya lumayan lebih mahal. Namun anda bisa menggunakan yang instan dan tinggal pakai. Sudah banyak dijual dipasaran. Dengan cat ini leher knalpot lebih terjaga dan juga tampilannya jadi lebih rapi dan bersih. Cara ini akan lebih efektif dengan tetap menjaga kebersihan kendaraan anda.