Bagaimana Menyalakan Motor Tanpa Stater Kick Jika Akinya Lemah?


31 Agustus 2018

ADVERTISEMENT
Saat ini banyak sepeda motor keluaran baru dengan model tanpa starter kick atau starter injak. Motor seperti ini antara lain Kawasaki W175, Honda PCX dan Vario 150 serta Yamaha NMax. Lalu timbul pertanyaan, bagaimana menyalakan motor tanpa starter kick jika akinya lemah? Nah kan, dibalik modern tampilan dan desain kendaraan ada sisi yang bisa menjadi repot atau menyulitkan bagi pengguna nya.
Bagaimana Menyalakan Motor Tanpa Stater Kick Jika Akinya Lemah?
Untuk menyalakan motor tanpa starter kick jika akinya lemah adalah seperti yang biasa dilakukan pada mobil. Kita bisa mencoba dengan Jumper Aki. Jumper aki ini lumrah dilakukan jika aki mobil mengalami masalah. Maka bisa juga dilakukan untuk sepeda motor juga. Bagi yang belum mengetahui jumper aki adalah dengan menghubungkan aki yang masih kuat ke aki yang di motor kemudian tekan tombol starter hingga menyala, tunggu sekitar 15 menit sampai 30 menit baru lepaskan aki yang dibawa tadi.

Jika sering berulang mengalami masalah sebaiknya segera aki motor sobat di setrum ulang atau ganti dengan yang baru. Ini juga sama dengan ketika tidak bisa dijumper maka segera di sterum ulang atau jika tetap tidak bisa maka segera ganti akinya.

Cara lain juga bisa dilakukan, tetapi hanya untuk sepeda motor manual transmission bukan automatic transmission. Caranya adalah dengan Engine Brake. Yaitu sepeda motor didorong dengan kencang kenudian masukkan perseneling gigi 1 atau 2 hingga motor menyala. Kenapa Sepeda motor matic tidak bisa? Karena sepeda motor matic bisa engine-brake baru bisa berfungsi ketika putaran mesin berada di atas 2.000 rpm.
ad